Pages

Friday, June 14, 2019

PUBG Mobile Jadi Game Terkaya di Dunia

INILAHCOM, San Francisco - Game populer keluaran Tencent, Player Unknown's Battleground (PUBG) Mobile dinobatkan sebagai game terkaya di dunia.

Menurut laporan yang diterbitkan firma riset Sensor Tower, pendapatan PUBG Mobile mencapai US$146 juta atau sekitar Rp2 triliun pada Mei lalu.

Angka tersebut meningkat 126 persen dari pendapatan pada April 2019 yang tercatat sebesar US$64,6 juta.

Mengutip The Verge, total pendapatan di bulan Mei ini merupakan akumulasi dari dua game besutan Tencent, yaitu PUBG Mobile itu sendiri dan juga satu game 'kloningan' berjudul Game for Peace yang menjadi versi 'lembut' dari PUBG Mobile yang beredar di China.

PUBG Mobile meraup keuntungan sebesar US$76 juta, sementara Game for Peace mendulang profit sekitar US$70 juta.

Hal itu pun disebut Sensor Tower sebagai jumlah pendapatan tertinggi PUBG Mobile sejak pertama kali game ini dirilis, sekaligus menjadikannya game paling laris di pasaran.

PUBG Mobile tercatat hingga kini sudah dimainkan 100 juta orang tiap bulannya.

PUBG Mobile memang sejatinya gratis dimainkan. Pundi-pundi ini diraup Tencent lewat item-item kosmetik di dalam game (baju, sepatu, topi, dan sebagainya) yang dibeli oleh pemain, serta fitur premium yang bisa pemain nikmati jika mereka membayar sejumlah uang.

Dari sinilah Tencent meraup keuntungan. Bisa dikatakan, pada Mei lalu, pemain dari PUBG Mobile dan Game for Peace tersebut menghabiskan sekitar US$4,8 juta per harinya.

Sebagai informasi, Game for Peace yang juga dirilis pada Mei ini memang sangat mirip PUBG Mobile. Hanya saja game ini dibuat khusus pasar China.

Yang membedakan PUBG Mobile dan Game for Peace adalah absennya efek darah di dalam game. Di dalam Game for Peace, pemain yang 'dibunuh' juga tidak hilang begitu saja.

Sebelum meninggalkan permainan, mereka akan 'melambaikan tangan' dan memberikan 'senjata' mereka sebagai isyarat bahwa mereka menyerah.

Tencent sendiri membedakan game PUBG Mobile untuk kawasan China lantaran ingin menyesuaikan elemen di dalam game dengan budaya dan peraturan di China.

Dengan hadirnya game ini, maka bisa dikatakan pendapatan Tencent secara global untuk game PUBG Mobile kini bisa diakumulasikan dengan pendapatan di kawasan China lewat Game for Peace.

Sebab, selain dikeluarkan oleh Tencent, game itu memang memiliki mekanisme yang sama namun dengan judul yang berbeda.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2ILDya6

No comments:

Post a Comment