Pages

Thursday, October 10, 2019

Bursa Saham Asia Bergerak Positif

INILAHCOM, Shanghai - Bursa saham di Asia diperdagangkan lebih tinggi pada Jumat pagi (11/10/2019) di tengah perkembangan positif di sisi perdagangan AS-China.

Saham China Daratan naik tipis di awal perdagangan, dengan komposit Shanghai naik sekitar 0,2% dan komposit Shenzhen fraksional lebih tinggi. Indeks Hang Seng Hong Kong melonjak 1,31%, dengan saham CNOOC melonjak 3,13%.

Nikkei 225 di Jepang naik 0,95% sementara indeks Topix bertambah 0,52%. Saham Fast Retailing, perusahaan di belakang raksasa pakaian Uniqlo, melonjak hampir 4% setelah perusahaan melaporkan rekor keuntungan pada hari Kamis. Stok terakhir diperdagangkan 3,36% lebih tinggi.

Di Korea Selatan, Kospi naik 0,93%. Untuk indeks ASX 200 di bursa Australia diperdagangkan 0,7% lebih tinggi. Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia ex-Jepang menambahkan 0,86%.

Investor mengawasi reaksi pasar terhadap perkembangan semalam pada perdagangan AS-Cina. Presiden Amerika Donald Trump mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Kamis bahwa ia akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He pada hari Jumat, meningkatkan harapan bahwa kemajuan dapat dibuat di bidang perdagangan oleh dua kekuatan ekonomi.

AS dan China saat ini berada di tengah-tengah negosiasi perdagangan tingkat tinggi di Washington. Dua negara ekonomi terbesar di dunia berusaha mencapai kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang mereka yang berlarut-larut yang telah menyebabkan tarif ditukar satu sama lain senilai miliaran dolar dari barang-barang lain dan mendorong kekhawatiran atas prospek ekonomi global.

"Untuk menegaskan gencatan senjata perdagangan sementara, hari kedua pembicaraan perdagangan (hari ini) akan membutuhkan Presiden AS Donald Trump untuk menangguhkan atau membatalkan tarif AS yang dijadwalkan mengenai barang-barang Cina 15 Oktober dan 15 Desember," ahli strategi di DBS Group Singapura Penelitian menulis dalam sebuah catatan.

Namun, dalam jangka panjang, para ahli strategi mengatakan: "Perang perdagangan China-AS yang lebih luas tetap belum terselesaikan."

Tweet Trump adalah yang terbaru dari sejumlah laporan yang saling bertentangan yang telah muncul sebelum dimulainya negosiasi perdagangan tingkat tinggi pada hari Kamis, mengirim pasar ke angin puyuh.

Laporan South China Morning Post pada Kamis pagi di Asia mengatakan kedua belah pihak tidak membuat kemajuan dalam negosiasi tingkat wakil minggu ini, dan menambahkan bahwa Liu akan meninggalkan Washington lebih awal dari yang diharapkan. Seorang juru bicara Gedung Putih kemudian mengatakan kepada Kayla Tausche dari CNBC: "Kami tidak mengetahui adanya perubahan dalam rencana perjalanan Wakil Perdana Menteri saat ini."

Bloomberg News juga melaporkan Kamis pagi waktu Asia bahwa AS sedang mempertimbangkan kesepakatan untuk menunda kenaikan tarif minggu depan dengan imbalan pakta mata uang. AS sebelumnya mengumumkan akan meningkatkan bea atas barang-barang Tiongkok senilai US$250 miliar dari 25% menjadi 30% pada tanggal 15 Oktober. Tarif 15% untuk impor Tiongkok senilai US$160 miliar juga diperkirakan akan dimulai pada 15 Desember.

Sementara itu, New York Times melaporkan Rabu malam di Amerika Serikat bahwa pemerintahan Presiden AS Donald Trump diatur untuk memberikan lisensi yang akan memungkinkan perusahaan-perusahaan Amerika untuk menjual pasokan yang tidak sensitif ke Huawei. Awal tahun ini, Gedung Putih melarang penjualan raksasa telekomunikasi China itu, dengan alasan kekhawatiran keamanan nasional.

Semalam di Amerika Serikat, saham di Wall Street mendapat dorongan dari optimisme pada perdagangan AS-Cina. Dow Jones Industrial Average bertambah 150,66 poin menjadi ditutup pada 26.496,67 sedangkan S&P 500 naik 0,7% untuk mengakhiri hari perdagangannya di 2.938,13. Nasdaq Composite ditutup 0,6% lebih tinggi pada 7.950,78.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 98,683 setelah jatuh dari level di atas 99,0 kemarin.

Yen Jepang diperdagangkan pada 107,97 melawan dolar setelah melemah dari level di bawah 107,6 pada sesi sebelumnya. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,6767 setelah melompat dari level di bawah $ 0,672 kemarin.

Harga minyak naik di pagi hari jam perdagangan Asia, dengan patokan minyak mentah berjangka internasional Brent naik 0,54% menjadi US$59,42 per barel. Minyak mentah berjangka AS juga naik 0,45% menjadi US$53,79 per barel.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2M53rEL

No comments:

Post a Comment