Pages

Friday, November 30, 2018

Epilepsi Bisa Menyerang Segala Usia

INILAHCOM, Jakarta - Epilepsi adalah salah satu satu penyakit neurologi menahun yang dapat terjadi pada semua orang tanpa batasan usia.

Tidak ada yang bisa menentukan, apakah epilepsi dapat terjadi pada orangtua atau usia muda. Padahal, ternyata, epilepsi biza diderita dari segala usia, tua maupun muda. Jenis kelamin pun bisa perempuan dan laki - laki mengalami hal ini.

"Kemudian Ras, dan status sosial ekonomi. Epilepsi bisa menyerang juga di segala lapisan masyarakat," kata Irawati Himawari dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Bunda, saat ditemui di acara #savingliveswithbunda, Jakarta, Jumat, (30/11/2018).

Masih menurutnya, epilepsi tidak selalu berbentuk kejang. Seperti apa?

"Banyak bentuk lain yang bukan kejang. Jadi apa yang terjadi? Pada pasien epilepsi itu di dalam otak terdapat miliaran saraf. Epilepsi terjadi karena adanya lonjakan listrik yang abnormal di otak," tambahnya.

Lonjakan tersebut timbul dan berbentuk kejang, perubahan tingkah laku, dan perubahan yang tidak disadari. Kemudian ada juga perubahan di dalam tubuh.

"Misalnya ada pasien saya, mengalami halusinasi dan juga ada yang merasa sakit di uluh hati. Dicari penyebabnya ternyata tidak ada setelah endoskopi dan sebagainya. Tetapi ternyata itu epilepsi," paparnya.

Selain itu, ada juga bentuk lain dari timbulnya epilepsi. Misalnya, ketika kesemutan di bagian tubuh dan kemudian hilang. Ini perlu diperhatikan.

"Kalau ternyata di satu bagian tubuh dan hilang yaitu kesemutan dan kemudian hilang. Sering kali pasien epilepsi itu salah diagnosis. Kadang mendapat diagnosis menjadi gangguan stroke dan gangguan jiwa. Padahal mengalami epilepsi," paparnya.(tka)

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Si2Y2r

No comments:

Post a Comment