Pages

Thursday, November 22, 2018

KPK Akui Sulit Jerat Koorporasi

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif menyebut penanganan korupsi koorporasi lebih sulit dibanding perorangan.

Hal itu dikatakan Laode dalam dialog Kanal KPK dengan tema 'Menjerat Korporasi' di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (22/11/ 2018).

"Yang perlu diketahui masyarakat, kasus korupsi korporasi lebih njlimet dibanding (korupsi) orang per orang dan tentunya kita juga harus bekerja sama dengan pengadilan," ujar Laode.

Dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 juncto Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) telah diatur bahwa subjek hukum pelaku korupsi tidak hanya orang, tetapi juga badan hukum atau korporasi.

UU Tipikor secara jelas menyebutkan korporasi adalah kumpulan orang dan atau kekayaan yang terorganisasi, baik itu merupakan badan hukum maupun bukan badan hukum.

"Pasal 20 ayat (2) UU Tipikor pada intinya menyebutkan jika korupsi dilakukan oleh atau atas nama korporasi, tuntutan atau penjatuhan pidana dapat dilakukan terhadap korporasi dan atau pengurusnya," jelas Laode.

KPK berharap, setiap korporasi atau BUMN dapat bekerja, bersaing profesional serta memiliki tata kelola perusahaan yang baik.[jat]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Fzhrpa

No comments:

Post a Comment