Pages

Friday, December 14, 2018

Bupati Thorqul Haq Ziarah ke Benteng Raja Lamajang

INILAHCOM, Lumajang - Sehari menjelang perayaan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke 763 tahun, Bupati Thorqul Haq dan Wabup Indah Amperawati melakukan ziarah napak tilas dan tahlilaan di Pemakaman Situs Biting di kawasan peninggalan sejarah Benteng Kota Raja Lamajang, Jumat (14/12/2018).

Cak Thoriq sapaan orang nomor satu di Lumajang mengatakan, sangat penting bagi pemerintahan dan masyarakat mengetahui sejarah besar daerahnya. Karena, Kabupaten Lumajang sebuah kerajaan besar yang pernah dipimpin arsitek nusantara pendiri Majapahit, Arya Wiraraja.

"Sangat penting kita tahu soal sejarah," paparnya.

Ke depan, masih kata dia, Situs Biting perlu dilestarikan peninggalannya. Pemkab Lumajang akan koordinasi dengan Pemprov Jatim dalam penyelamatan berbagai situs penting di dalamnya.

"Kita harus merawat peradaban besar sejarah Lumajang," paparnya.

Sebelum berziarah ke sebuah kuburan diperkiraan makam Arya wirarja dengan menabur bunga, Cak Thoriq bersama pejabat pemkab Lumajang dan masyarakat melakukan tahlilan bersama.

Sekadar diketahui, Situs Biting adalah sebuah kawasan cagar budaya tingkat Jawa Timur dengan memiliki luas 145 hektare. Benteng berdiri dari tumpukan batu bata dan Situs BIting dikeliling 3 sungai alam dan satu sungai buataan. [beritajatim]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2QuB5YH

No comments:

Post a Comment