Pages

Monday, May 27, 2019

China Pimpin Penguatan di Bursa Saham Asia

INILAHCOM, Shanghai - Bursa saham di China melonjak pada hari Senin (27/5/2019) karena investor memperhatikan perkembangan dari kunjungan kenegaraan Presiden AS Donald Trump ke Jepang serta hasil dari pemilihan parlemen Eropa.

Di China daratan, komposit Shenzhen naik 2,506% menjadi ditutup pada sekitar 1.533,52. Untuk komponen Shenzhen naik 2,31% untuk menyelesaikan hari perdagangannya di 8.979,83. Komposit Shanghai naik 1,38% menjadi ditutup pada sekitar 2.892,38.

Namun, di bursa Hong Kong, indeks Hang Seng turun sekitar 0,1%, pada jam terakhir perdagangannya.

Di bursa Jepang, indeks Nikkei 225 naik 0,31% menjadi berakhir pada 21.182,58, dengan saham indeks Fast Retailing naik 1,33%. Topix juga naik 0,38% untuk mengakhiri hari perdagangannya di 1,547.00.

Di Korea Selatan, indeks Kospi tergelincir fraksional menjadi ditutup pada 2.044,21. Sementara ASX 200 di bursa Australia juga mengakhiri hari perdagangannya sedikit lebih rendah pada 6.451,90.

Di Eropa, hasil awal menunjukkan fragmentasi yang lebih besar di Parlemen Eropa selama lima tahun ke depan. Pemilihan tahun ini sangat relevan karena lonjakan partai anti-UE dan nasionalis di seluruh wilayah.

Partai-partai pro-UE akan berpegang pada dua pertiga kursi di Parlemen UE. Tetapi lawan nasionalis mereka juga telah membuahkan hasil yang solid.

Partai Brexit Inggris yang baru dibentuk dengan nyaman mengalahkan dua partai utama negara itu dalam pemilihan parlemen Eropa, menurut hasil awal.

"Saya pikir itu membuat semuanya jauh lebih membingungkan dari sisi politik, tetapi saya tidak begitu yakin apakah itu mengubah ekonomi sebanyak itu," kata Richard Harris, kepala eksekutif Manajemen Investasi Port Shelter, seperti mengutip cnbc.com. "Eropa sebenarnya tidak terlalu buruk."

Mata uang umum, euro, diperdagangkan pada $ 1,1201 terhadap dolar pada Senin sore, naik dari level di bawah $ 1,1130 pada minggu sebelumnya.

Sementara itu Presiden AS, Trump melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang, di mana dia sebelumnya mengatakan Tokyo "memiliki keuntungan besar" atas Washington selama "bertahun-tahun".

Presiden mengatakan Tokyo dan Washington "semakin dekat" dengan kesepakatan yang akan mengatasi defisit perdagangan A.S. AS memiliki defisit barang dan jasa sebesar US$56,8 miliar dengan Jepang pada tahun 2018, menurut Perwakilan Dagang AS. Kunjungan Trump datang di tengah ancaman kemungkinan tarif otomatis AS terhadap pembuat mobil Jepang dan Eropa.

"Tidak ada yang lain kecuali bonhomie antara Presiden Trump, saat ini di Jepang, dan Perdana Menteri Jepang (Shinzo) Abe," Ray Attrill, kepala strategi valuta asing di National Australia Bank, menulis dalam catatan pagi.

"Suara retorika perdagangan hangat dan kabur, tetapi tidak ada harapan kesepakatan perdagangan yang komprehensif akan tercapai dalam waktu dekat," katanya.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 97.639 setelah tergelincir dari level di atas 98.1 pekan lalu.

Yen Jepang diperdagangkan pada 109,50 terhadap dolar setelah menyentuh level di atas 110,4 pada minggu perdagangan sebelumnya. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,6929 setelah melihat posisi terendah di bawah $ 0,688 pekan lalu.

Harga minyak bervariasi pada sore jam perdagangan Asia, karena patokan internasional kontrak berjangka minyak mentah Brent sedikit lebih tinggi pada US$68,74 per barel, sementara minyak mentah AS turun 0,49% menjadi US$58,34 per barel.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2EyQJtQ

No comments:

Post a Comment